Cherry Blossom_Bunga Sakura

Cherry Blossom_Bunga Sakura
This is my dream... yesterday, now, and tomorrow

JARINGAN OTOT

Sabtu, 16 Juni 2012

Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot. Kemampuan otot menggerakkan berbagai organ tubuh disebabkan kemampuan untuk berkontraksi. Hal tersebut karenan sel-sel otot mengandung protein untuk berkontraksi. Sel –sel otot mengandung serabut-serabut halus miofibril. Jaringan otot dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1.      Jaringan otot polos
2.      Jaringan otot lurik
3.      Jaringan otot jantung
a. Otot Polos
Otot plos merupakan jaringan otot yang mempunyai struktur sel-sel yang berbentuk kumparan halus yang masing-masing selnya mengandung inti berbentuk oval. Jaringan ini mempunyai fibril-fibril yang homogen. Fungsi otot polos adalah memberikan gerakan yang di luar kemauan kita misalnya gerakan makanan pada saluran pencernaan, mengatur diameter pembuluh darah.
b. Otot Lurik
Jaringan otot lurik sering disebut dengan otot rangka.  Hal ini dikarenakan jaringan ini sebagian besar melekat pada rangka. Jaringan ini tersusun atas sel-sel otot yang disebut dengan fibril. Setiap fibril tersusun atas miofibril. Sel-sel otot lurik memepunyai banyak inti yang terletak di pinggir. Otot lurik mempunyai fungsi menggerakkan tulang dan melindungi rangka dari benturan benda lain.
c. Otot Jantung
Jaringan otot janyung hanya berada di lapisan tengan dinding jantung. Sel-sel berinti satu. Fungsi otot jantung adalah bila berkontraksi akan menimbulkan tenaga yang amat penting untuk memompa darah ke luar jantung.
Perbedaan otot polos, otot lurik dan otot jantung yaitu :
No
Pembeda
Otot Polos
Otot Lurik
Otot Jantung
1
Morfologi sel
Sel otot dengan satu inti di tengah
Sel otot dengan banyak inti dan terletak di pinggir
Sel otot dengan satu inti di tengah
2
Sifat Kerja
Tidak sadar
Sadar
Tidak sadar
3
Reaksi terhadap Rangsang
Lambat
Cepat
Lambat
4
Letak
Pada dinding saluran tubuh, pembuluh darah, dan usus
Pada kerangka
Pada dinding jantung


0 komentar:

Search

Followers


Blogger Widgets