Cherry Blossom_Bunga Sakura

Cherry Blossom_Bunga Sakura
This is my dream... yesterday, now, and tomorrow

Lambung

Jumat, 15 Juni 2012

Lambung berada pada sisi rongga abdomen, persis di bawah diagfragma. Organ ini merupakan kantong besar yang dapat dibedakan menjadi tiga daerah yaitu
1.Kardiak (bagian atas dekat dengan hati)
2.Fundus (bagian tengah yang menggantung)
3.Pilorus (bagian bawah dekat dengan usus halus)


Jaringan otot lambung terdiri atas 3 lapis yaitu otot memanjang (bagian luar), otot melingkar ( bagian tengah) dan otot miring (bagian dalam). Apabila dinding lambung berkontraksi maka ketiga otot itu akan bergerak secara peristaltik mengaduk dan mencampur makanan dengan getah lambung dan terbentuklah bubur yang disebut kim (chyme). Akibat gerakan peristaltik, kim terdorong ke bagian pilorus. Di pilorus terdapat sfinkter yang merupakan jalan masuk kim dari lambung ke usus halus. Gerakan peristaltik tersebut menyebabkan sfinkter pilori mengendur dalam waktu yang sangat singkat sehingga kim masuk ke usus halus secara sedikit demi sedikit.

Bagian dalam dinding lambung menghasilkan lendir. Mukosa (lendir) berfungsi melindungi dinding lambung dari abrasi asam lambung dan dapat beregenerasi bila cedera. Sedangkan di daerah fundus menghasilkan getah lambung. Getah lambung mengandung bermacam-macam zat, misalnya air, ion-ion garam organik, musin atau lendir, HCl atau asam lambung, dan enzim-enzim pencernaan(enzim renin dan pepsinogen).

Pada dinding lambung juga terdapat kelenjar buntu yang menghasilkan hormon gastrin. Fungsi hormon gastrin adalah memacu sekresi getah lambung. Fungsi HCl antara lain:
  1. Mengubah pH ruangan dalam lambung sehingga menjadi lebih asam. Hal ini menyebabkan terbunuhnya kuman yang masuk bersama makanan.
  2. Mengaktifkan enzim yanng dihasilkan oleh getah lambung, misalnya ppesinogen diaktifkan oleh pepsin sehingga dapat berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton.
  3. Mengatur membuka dan menutupnya klep antara lambung dan usus dua belas jari
  4. Merangsang sekresi getah usus.
Produksi getah lambung dipengaruhi oleh jumlah makanan yang masuk ke lambung serta emosi. Bila makanan yang masuk ke lambung sedikit, produksi HCl sedikit pula. Bila makanan yang masuk ke lambung banyak maka produksi HCl banyak pula. Pada saat seseorang emosi dapat terjadi jumlah makanan yang masuk sedikit tetapi sekresi HCl berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan selaput lendir lambung, yaitu menimbulkan radang atau ulkus.Pada bayi yang masih menyusu, kelenjar lambung menhasilkan enzim renin. Fungsi enzim ini adalah mengendapkan kasein yang terdapat di dalam susu.

Antara lambung dan usus dua belas jari terdapat sepasang klep. Klep yang dekat dengan lambung akan membuka bila terangsang oleh asam dan akan menutup bila terangsang basa. Sebaliknya klep yang dekat dengan usus halus akan membuka bila terangsang basa dan akan menutup bila terangsang asam. Mekanisme semacam ini sangat erat kaitannya dengan pengaturan pengeluaran makanan dari lambung ke duodenum, dengan demikian pengeluaran makanan berjalan sedikit demi sedikit.
Jadi di dalam lambung terjadi pencernaan secara mekanis dengan bantuan gerak peristaltik dan pencernaan secara kimiawi dengan bantuan asam lambung, enzim pepsin, dan enzim renin.

0 komentar:

Search

Followers


Blogger Widgets